SADALI : SEKTOR TENAGA KERJA DI MALUKU KEDEPANNYA LEBIH BAIK

SADALI : SEKTOR TENAGA KERJA DI MALUKU KEDEPANNYA LEBIH BAIK

Ambon – Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024, Pemerintah Provinsi Maluku menyelenggarakan Acara Puncak Apel Bendera Bulan K3 di Halaman Parkir Ambon City Center, pada Senin (12/02/2024).

Apel yang digelar di bawah sorotan tema : “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, terjaga Keberlangsungan Usaha”, dan Sub Tema : “Budayakan K3 untuk masyarakat Maluku Sehat, Unggul, dan Produktif dalam Keberlangsungan Usaha”, dipimpin oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, yang diikuti oleh Perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Lembaga Swasta, Perwakilan Forkopimda, serta Seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Sekda dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Tema dan Sub Tema yang telah ditetapkan mengacu pada hasil Analisa kebijakan Pemerintah yang mengarah kepada perlindungan terhadap tenaga kerja untuk menjaga kestabilan dunia usaha.

“Berbagai produk regulasi di bidang ketenagakerjaan harus dipahami dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran oleh semua pihak dalam dunia kerja, karena menjadikan K3 sebagai budaya kerja akan melahirkan produktifitas kerja, meningkatkan kualitas hidup, mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta membantu menjunjung Pembangunan nasional yang berdaya saing.” Jelasnya.

Terkait hal tersebut, Sadali menyampaikan Indonesia telah berkomitmen untuk mewujudkan pekerjaan yang layak, dan memainkan peran penting guna memastikan bahwa sektor ketenagakerjaan telah dimasukkan ke dalam tujuan Pembangunan berkelanjutan dengan target capaian yang terukur dan telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia untuk Pembangunan perdamaian serta kemakmuran manusia di masa depan.

Ia mengatakan berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan beberapa tahun terakhir, kasus kecelakaan kerja secara Nasional terus meningkat dan data terakhir yang dipublikasikan oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai Oktober 2023 jumlah kasus kecelakaan kerja tercatat sebesar 315.579 kasus sedangkan di Provinsi Maluku jumlah kecelakaan kerja semester 1 tahun 2023 mencapai 76 kasus. 

“Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk menjadikan K3 sebagai budaya kerja serta membentuk sistem manajemen k3 yang kuat di Perusahaan.” Ajak Sadali.

Sekda mengatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan melaksanakan beberapa program mengenai K3 di Perusahaan, dimana dibutuhkan partisipasi dari berbagai pihak dalam membantu program yang telah disusun oleh pemerintah daerah.

“Saya juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan koordinasi baik dengan Masyarakat umum, industri, cendekiawan, akademisi, organisasi profesi, asosiasi, dan pihak terkait lainnya agar dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam meningkatkan berbudaya K3, sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung arah kebijakan Nasional maupun Daerah dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju kecelakaan nihil.” Ungkap Sekda.

Ucapan terimakasih juga Ia sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3.

“Negara kita akan melaksanakan pesta demokrasi, untuk itu saya menghimbau kepada semua pihak untuk turut berpartisipasi serta mendukung kelancaran jalannya pemilu dengan tertib dan damai, kita boleh berbeda pilihan tetapi kita tetap satu untuk mewujudkan Indonesia Sejahtera.” Tegasnya.

Menutup sambutannya Sekda berharap Pembangunan sektor ketenagakerjaan di Maluku kedepannya akan lebih baik.

Pada kesempatan itu juga turut dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Perusahaan yang berhasil menerapkan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) yakni : PT. Midi Utama Indonesia, TBK Cabang Ambon, PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, dan PT. Angkasa Pura Supports.

Selain itu juga diserahkan Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Perusahaan Yang berhasil Menerapkan P2 HIV/AIDS di tempat kerja, kepada : PT. Charlyn Jaya, PT. Batutua Tembaga Raya, dan PT. Batutua Kharisma Permai.

Serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada Perusahaan atas partisipasi sebagai tempat pelaksanaan apel Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2024 kepada Ambon City Center, yang dilanjutkan dengan Penyerahan Santunan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang diberikan oleh Sekda didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku, kepada Ahli Waris Korban. (PM.007)

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Google Maps

Kontak

Alamat Jl. Tabae Jou RT.003 / RW.007 Kopertis
Telepon 082397412929 / 081344902466
Whatsapp 082397412929
Email malukupelita@gmail.com

Link

Linkhttp://peli